Berita  

Ganjar Pranowo Mencatat Setiap Isu dalam Debat Cawapres, Sementara Capres Lain Hanya Duduk Santai

JAKARTA – Debat keempat calon wakil presiden dalam Pilpres 2024 yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu (21/1/2024) malam berlangsung dengan animo tinggi. Salah satu sorotan dalam debat tersebut adalah partisipasi aktif calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, dalam mendampingi cawapresnya, Mahfud Md.

Ganjar, yang diusung oleh koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo, tidak hanya ikut menyaksikan debat, tetapi juga sibuk mencatat setiap materi yang dibahas. Ini menjadi bukti bahwa Ganjar sangat fokus dalam debat yang bertema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Pangeran Siahaan, Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo – Mahfud Md (TPN Ganjar-Mahfud), mengungkapkan kesan tersebut setelah ikut menyaksikan debat secara langsung. Menurutnya, Ganjar terlihat sangat serius dan tidak ingin meninggalkan Mahfud berjuang sendirian. Ia menyebut Ganjar sebagai seorang pemimpin yang peduli dan selalu ada untuk mendukung pasangannya.

Selama debat berlangsung, Ganjar bahkan beberapa kali mendekati Mahfud di belakang panggung saat ada jeda. Mereka berdiskusi dan Ganjar memberikan masukan tentang penampilan Mahfud dalam debat tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa Ganjar tidak hanya berperan sebagai pendamping, tetapi juga aktif dalam mempersiapkan dan mendukung cawapresnya.

Di sisi lain, capres nomor urut 1 dalam Pilpres 2024, Anies Baswedan, terlihat santai dengan sesekali memperhatikan cawapresnya, Muhaimin Iskandar, dan melihat ponselnya. Sementara itu, Prabowo Subianto sebagai capres nomor urut 2 nampak duduk tenang sambil sesekali makan camilan.

Debat keempat ini memberikan gambaran tentang keterlibatan dan peran aktif calon presiden dalam mendampingi cawapresnya dalam berbagai tema yang relevan dengan pembangunan dan kepentingan nasional. Keaktifan Ganjar Pranowo dalam mencatat dan memberikan masukan kepada Mahfud Md menunjukkan adanya komitmen yang kuat dalam bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dalam membangun bangsa dan negara.