Berita  

Kondisi Tangkapan Ikan Menurun, Satpolairud Polres Situbondo Minta Nelayan Waspada

Satpolairud Polres Situbondo

Situbondo – Penduduk Desa Tanjung Pecinan dan Semiring di Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, sebagian besar menggantungkan mata pencaharian mereka sebagai nelayan. Pelabuhan Kalbut di Desa Tanjung Pecinan menjadi tempat sandar perahu dan kapal mereka sebelum berangkat melaut. Untuk meningkatkan situasi keamanan dan memberikan nasihat kepada nelayan, Personil Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Situbondo rutin melakukan patroli dan bertatap muka dengan para nelayan.  Minggu (21/01)

Salah satu nelayan yang ditemui dalam kunjungan tersebut adalah Sapari (35). Sapari mengungkapkan bahwa hasil tangkapan ikan saat ini menurun. Beberapa nelayan bahkan hanya mampu menangkap ikan teri karena ikan lainnya tidak terlihat lagi. Berbeda dengan sebulan yang lalu, ketika musim ikan tongkol, semua nelayan mendapatkan hasil tangkapan yang melimpah. Namun, saat itu harga ikan tongkol merosot karena pasokan ikan yang berlimpah.

Bripka Farhan Haris, S.Psi. MH, anggota Satpolairud Polres Situbondo yang bertugas di Pos Kalbut, menjelaskan bahwa kondisi gelombang laut hari ini mengalami perubahan. Hal ini menuntut nelayan untuk lebih waspada ketika melaut. Untuk itu, personil Satpolairud turut memberikan pesan-pesan pengingat kepada nelayan sebelum mereka berangkat, termasuk mengenai pentingnya membawa alat keselamatan yang memadai. Selain itu, para nelayan juga diingatkan untuk tidak melebihi kapasitas muatan kapal agar menghindari kecelakaan laut.

Banyak kecelakaan laut terjadi akibat kapal yang kelebihan muatan, dengan banyaknya orang yang ikut dalam satu kapal nelayan dan saat menebar jaring semua orang berada pada satu sisi kapal. Apabila kapal ditabrak gelombang, kapal bisa menjadi miring dan terbalik. Oleh karena itu, polisi rutin melakukan upaya pencegahan demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti itu, tegas Bripka Farhan, yang juga menjabat sebagai Kanit Patroli Satpolairud Polres Situbondo.

Upaya patroli dan komunikasi yang dilakukan oleh personil Satpolairud diharapkan dapat meningkatkan kesadaran nelayan dalam menjaga keamanan dan keselamatan saat melaut. Selain itu, polisi juga aktif menggali informasi mengenai potensi gangguan kamtibmas di perairan dan lingkungan tempat tinggal nelayan. Langkah-langkah ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para nelayan dalam menjalankan mata pencaharian mereka yang sangat bergantung pada hasil tangkapan ikan. (*)