Berita  

Petani Meninggal di Persawahan Situbondo, Keluarga Menolak Otopsi

Evakuasi Jenazah Petani yang meninggal disawah

Situbondo – Seorang petani bernama Mathari (58) ditemukan meninggal di areal persawahan Desa Awar-awar, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo pada Jumat (29/12/2023).

Warga yang sedang melintas di persawahan pertama kali menemukan jasad pria paruh baya tersebut, sehingga langsung melaporkannya ke Polsek Asembagus, Situbondo.

Petugas segera berkoordinasi dengan tim medis dari RSD Asembagus untuk melakukan evakuasi jasad Mathari ke kamar mayat guna dilakukan otopsi.

“Sebelum ditemukan meninggal di persawahan, bapak sempat pamit untuk pergi ke sawah, meski sebenarnya tidak diperbolehkan,” ujar Febrika Dian, salah satu anak almarhum.

Kapolsek Asembagus, Situbondo, Iptu Untoro Windu Prihadi, mengatakan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan medis, penyebab kematian Mathari adalah penyakit yang dideritanya. Oleh karena itu, pihak kepolisian menyerahkan jasad almarhum kepada keluarga untuk dimakamkan.

“Keluarga menolak dilakukannya otopsi, bahkan mereka mengakui bahwa almarhum memiliki riwayat penyakit gula dan jantung. Oleh karena itu, kami menyerahkan jasad almarhum kepada keluarga setelah mereka menulis surat pernyataan,” jelas Kapolsek.