Berita  

Polres Situbondo Gelar Latihan Pengendalian Massa untuk Menjaga Keamanan Pemilu 2024

Polres Situbondo Latihan Dalmas, Antisipasi Unras Pasca Pemungutan Suara Pemilu 2024

SITUBONDO – Polres Situbondo Polda Jatim telah melaksanakan latihan pengendalian massa dalam rangka persiapan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. Latihan tersebut dilaksanakan di lapangan Apel Mapolres Situbondo pada Rabu (7/2/2024), hanya tinggal 7 hari lagi menuju Pemilu.

Wakapolres Situbondo, Kompol I Made Prawira Wibawa, S.S.T., S.I.K., M.I.K., menyampaikan bahwa tujuan dari latihan ini adalah untuk memastikan bahwa personel Polres Situbondo memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai dalam menghadapi situasi-situasi potensial yang dapat terjadi selama proses Pemilu yang akan datang, termasuk dalam penanganan situasi darurat dan pengamanan massa.

“Latihan ini dilakukan secara rutin dan terus-menerus ditingkatkan setiap waktu. Hal ini bertujuan agar anggota selalu siap siaga setiap saat, sehingga ketika dibutuhkan dalam keadaan mendesak, anggota sudah sangat siap dan sigap dalam menghadapi situasi di lapangan,” jelas Wakapolres.

Lebih lanjut, Kompol I Made Prawira Wibawa menjelaskan bahwa latihan ini melibatkan seluruh anggota Satgas Preventif dan didukung oleh Satgas lainnya yang tergabung dalam Operasi Mantab Brata. Diharapkan bahwa melalui latihan ini, personel dapat melatih kekompakan dan meningkatkan rasa percaya diri saat melaksanakan tugas di lapangan.

“Kegiatan pelatihan Dalmas atau pelatihan ketangkasan lapangan ini tidak hanya bertujuan untuk terbiasa menghadapi aksi unjuk rasa, namun juga untuk mempersiapkan pengamanan menjelang Pemilu nantinya,” tambahnya.

Wakapolres Situbondo juga berharap agar Polres Situbondo dapat mengamankan Pemilu 2024 dengan baik dan lancar. “Kami berdoa agar tidak ada kejadian unjuk rasa pasca pemungutan suara Pemilu 2024,” pungkasnya.

Latihan ini merupakan langkah yang sangat penting dalam menjaga keamanan selama Pemilu. Dengan melibatkan seluruh anggota Polres Situbondo, diharapkan mereka akan terlatih dan siap menghadapi berbagai tantangan yang mungkin terjadi selama proses Pemilu. Semoga latihan ini dapat membantu menciptakan kondisi yang aman dan damai saat masyarakat menyalurkan hak pilih mereka dalam Pemilu tahun ini.