Polres Situbondo Menyergap Wanita Pengedar Sabu Asal Besuki

SITUBONDO – Satuan Reserse Narkoba Polres Situbondo berhasil mengamankan seorang wanita paruh baya bernama NH (43) yang diduga sebagai pengedar narkoba jenis sabu di Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo. Penangkapan dilakukan pada hari Selasa (30/1/2024) sekitar pukul 23.00 WIB.

Dalam penggerebekan tersebut, tim Opsnal Satresnarkoba berhasil mengamankan beberapa barang bukti yang terdiri dari 8 paket sabu dengan total berat 2,34 gram, 2 pipet kaca, 1 bong, 1 unit handphone, uang tunai sebesar Rp. 500.000, dan 1 dompet.

Kasat Resnarkoba AKP Muhammad Luthfi, S.H. melalui Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H., menyatakan bahwa penangkapan terhadap NH dilakukan setelah tim Opsnal Satuan Resnarkoba melakukan penyelidikan terhadap informasi peredaran narkoba di wilayah Kecamatan Besuki. Pada tanggal 30 Januari 2024 malam, tim berhasil menangkap NH yang bersembunyi di sebuah rumah setelah melalui upaya pengejaran.

Saat dilakukan penggeledahan, sejumlah barang bukti seperti paket sabu dalam plastik klip dan beberapa barang bukti lainnya ditemukan. Setelah diinterogasi, NH mengakui bahwa dia mendapatkan sabu tersebut dari Madura dan kemudian membaginya menjadi paket kecil untuk dijual atau diedarkan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Penyidik melaporkan bahwa NH akan dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) dan/atau Pasal 112 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Menanggapi penangkapan kasus peredaran narkoba ini, Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengimbau masyarakat untuk tidak mencoba-coba menggunakan narkoba. Selain itu,

ia juga mengajak masyarakat untuk turut serta dalam mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Kepolisian akan terus berupaya dalam mengungkap kasus-kasus peredaran narkoba demi melindungi perkembangan generasi muda dari bahaya tersebut.