Tingkat Kasus Narkotika di Situbondo Meningkat,Polisi Berhasil Ungkap 50 Kasus dengan 62 Tersangka

Kapolres AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto saat realese di mapolres Situbondo

Situbondo — Situasi narkotika di Situbondo makin mengkhawatirkan pada tahun 2023. Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) dari Polres Situbondo berhasil mengungkap 50 kasus narkotika dengan melibatkan 62 tersangka.

Angka tersebut mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya, dimana hanya 44 kasus dengan 52 tersangka berhasil diungkap. Selama tahun ini, Satresnarkoba Polres Situbondo berhasil menyita barang bukti sabu seberat 245,25 gram dan 45.413 butir okerbaya.

“Ini merupakan capaian yang signifikan bagi kita. Tidak hanya jumlah kasus yang berhasil diungkap, namun juga barang bukti yang berhasil disita,” ungkap Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, pada Jumat (29/12/2023).

AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto menambah “Penangkapan yang meningkat ini merupakan hasil dari kerja keras anggota Satresnarkoba Polres Situbondo dalam mempersempit peredaran narkotika jenis sabu dan okerbaya.

Situbondo merupakan daerah strategis yang menjadi transit dan jalur utama antara Pulau Jawa dan Pulau Bali. Untuk melawan peredaran narkotika di daerah ini, petugas sering melakukan patroli di jalur utama Situbondo, lanjut Kapolres Situbondo

Menyadari tren peningkatan kasus narkotika, Polres Situbondo mengambil langkah cepat dengan mendirikan Kampung Bebas Narkoba (KBN) di Kecamatan Besuki. Upaya ini dilakukan untuk menekan peredaran narkotika di daerah Situbondo.

Selain itu, pihak kepolisian juga aktif melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah dan kelompok masyarakat mengenai bahaya narkotika jenis sabu dan okerbaya, serta konsekuensi hukum yang mengikuti penyalahgunaan narkotika. Terangnya

Kapolres AKBP Dwi mengimbau masyarakat untuk turut berperan dalam memberantas peredaran narkotika. “Kita perlu bersatu dan bekerja sama dalam memberantas narkoba ini. Melalui edukasi dan kesadaran masyarakat, kita dapat menciptakan Situbondo yang bebas dari bahaya narkotika,”Pungkasnya.

Penangkapan yang berhasil oleh Satresnarkoba Polres Situbondo diharapkan dapat menjadi peringatan bagi para pelaku kejahatan narkotika bahwa Situbondo tidak akan membiarkan peredaran narkotika merajalela di wilayahnya. Keberhasilan ini juga menunjukkan komitmen pihak kepolisian dan masyarakat Situbondo dalam memberantas narkotika demi menciptakan lingkungan yang aman dan sehat.